6 Cara Membuat Pembersih Lantai Buatan Rumah – Ampuh, Alami & Aman Bagi Kesehatan & Lingkungan

Ketika datang waktu untuk membersihkan lantai, banyak pembersih lantai komersial yang dapat beli di toko. Selain mereka tidak efektif, mereka juga penuh dengan bahan kimia berbahaya yang dapat membuat keluarga Anda sakit, belum lagi berbahaya bagi lingkungan.

Anda mungkin sudah memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pembersih lantai buatan sendiri, yang akan membersihkan dengan baik, bahkan lebih baik, daripada pembersih yang dibeli di toko.

Pembersih Lantai Ampuh

Menggunakan pembersih lantai komersial saat membersihkan lantai Anda secara dramatis berkontribusi terhadap polusi udara dalam ruangan, yang bisa menjadi masalah besar bagi mereka yang menderita asma atau alergi. Mereka juga meninggalkan residu beracun, yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan berbahaya lainnya, membuat keluarga Anda sakit. Membuat pembersih lantai buatan sendiri tidak hanya lebih aman, tetapi juga relatif murah untuk diproduksi.

Perusahaan yang memproduksi produk pembersih lantai tidak mengungkapkan bahan mereka pada label. Akibatnya, tidak ada cara untuk mengetahui apakah suatu produk mengandung senyawa organik volatil (VOC) yang dapat menyebabkan iritasi atau bahkan kanker.

Isi Halaman

Cara Membuat Pembersih Lantai Buatan Rumah

  1. Pembersih Serba Guna
  2. Pembersih Lantai Kayu Buatan Rumah
  3. Pembersih Lantai Disinfektan untuk Kamar Mandi
  4. Pembersih Lantai Laminasi Buatan Rumah
  5. Pembersih Lantai Cuka DIY
  6. Pembersih Lantai Ubin Alami Buatan Sendiri

Cara Membuat Pembersih Lantai – Ampuh, Alami dan Aman Bagi Kesehatan & Lingkungan

Ada banyak alasan mengapa membuat pembersih lantai buatan rumah adalah ide yang bagus. Tidak hanya lebih baik bagi lingkungan, tetapi lebih aman untuk keluarga Anda. Menggunakan beberapa bahan dasar yang dapat ditemukan di dapur, Anda dapat membuat pembersih lantai untuk mengatasi bahkan kekacauan terberat tanpa meninggalkan bahan kimia yang keras di belakang. Sertakan salah satu resep ini sebagai bagian dari daftar periksa Anda untuk membersihkan dapur dan area lain di rumah.

 

1. Pembersih Serba Guna

Pembersih Lantai Serba Guna Buatan Rumah

  • Dua gelas air hangat
  • ½ cangkir cuka putih
  • ¼ cangkir alkohol gosok
  • Sabun cuci piring cair tiga tetes (pastikan tidak mengandung bahan antibakteri, pelembab, atau pemutih oksigen)
  • 5 – 10 tetes minyak esensial (seperti minyak peppermint ) pilihan Anda

Pembersih fantastis ini akan bekerja di setiap permukaan lantai yang keras di rumah Anda. Ini akan bekerja pada lantai kayu keras, laminasi, lantai vinil, linoleum, dan ubin . Berhati-hatilah untuk menggunakannya untuk membersihkan marmer dan granit, karena cuka dapat merusak batu keropos. Ini pembersih yang kuat untuk menghilangkan kotoran dan membuat berkilau yang cantik.

Campurkan bahan dalam mangkuk besar. Tambahkan ke botol semprot plastik atau gelas dan kocok dengan baik. Semprotkan pembersih di lantai dan lap dengan pel. Anda juga dapat menggabungkan bahan-bahan dalam ember, tetapi harus membuang sisa makanan setelah selesai membersihkan lantai.

Catatan: Jangan menukar sabun Castile dengan sabun cuci piring cair karena sabun ini berbahan dasar minyak. Menggunakan sabun Castile akan membuat lantai Anda penuh noda dan noda.

 

2. Pembersih Lantai Kayu Buatan Rumah

Pembersih Lantai Kayu

  • Satu galon air panas
  • ¾ cangkir minyak zaitun
  • ½ cangkir jus lemon

Dengan pembersih lantai kayu buatan kami, Anda dapat menggunakan air hangat dan kain pel untuk membersihkan lantai setiap hari. Jika lantai kayu kotor, Anda bisa menggunakan resep ini untuk membersihkannya. Formula ini berfungsi ganda saat memoles lantai Anda , meninggalkannya dengan kilau alami yang indah .

Campur bahan dalam ember. Dengan menggunakan pel yang sudah diperas dengan saksama, aplikasikan solusinya ke lantai. Biarkan mengering di udara. Air panas dan jus lemon membersihkan lantai, sementara minyak zaitun berfungsi untuk memolesnya. Anda tidak perlu membilasnya setelah selesai mengepelnya, setelah kering lantai Anda akan terlihat bagus.

 

3. Pembersih Lantai Disinfektan untuk Kamar Mandi

Desinfektan Resep Pembersih Lantai Kamar Mandi

  • Air panas 1 galon
  • ¼ cangkir Boraks

Untuk lantai yang perlu dibersihkan dan disinfektan secara teratur, seperti membersihkan ubin kamar mandi dan shower, ini adalah pembersih kamar mandi buatan sendiri yang bagus yang melakukan desinfektan dengan sangat baik. Resepnya menggunakan Borax, yang bisa Anda beli di toko kelontong setempat, di lorong binatu atau online .

Dalam ember pel, campur air dan Boraks dan aduk hingga rata. Celupkan pel ke dalam ember dan lap lantai. Boraks sangat bagus untuk membersihkan bahkan kekacauan paling kotor sekalipun.

 

4. Pembersih Lantai Laminasi Buatan Rumah

Resep Pembersih Laminasi Lantai Buatan Rumah DIY

  • 2 gelas air panas
  • 2 gelas cuka
  • 5-10 tetes minyak esensial pilihan Anda

Lantai laminasi relatif mudah dirawat, tetapi kadang-kadang Anda mungkin perlu membersihkan kekacauan yang membutuhkan sedikit daya pembersih. Jika Anda menggunakan jenis produk pembersih yang salah, itu bisa merusak lapisan di lantainya. Pembersih lantai laminasi buatan sendiri ini akan membersihkan lantai laminasi tanpa merusaknya.

Campur bahan dalam ember pel atau botol semprot. Menggunakan pel bersih, rendam dalam larutan, kemudian mulai pel lantai laminasi Anda. Tidak perlu membilas campuran. Biarkan kering.

Anda juga dapat membersihkan lantai dengan menyemprotkannya dengan botol semprotan yang diisi dengan pembersih, kemudian menyekanya dengan pel. Anda harus membilas pel di wastafel beberapa kali saat menjadi kotor, tetapi dengan cara ini Anda tidak perlu membuang solusi yang tidak digunakan.

5. Pembersih Lantai Cuka DIY

Resep Pembersih Lantai Cuka Buatan Rumah

  • ½ gelas air hangat
  • ½ gelas sabun cuci piring cair
  • 1 2/3 gelas baking soda
  • Dua sendok makan cuka putih suling

Cuka putih yang Anda miliki di rumah sangat fleksibel dalam melakukan segala sesuatu, dari membuat acar tart untuk cermin berkilau. Ini juga bagus untuk membersihkan berbagai jenis lantai. Cukup kuat untuk menghilangkan kotoran dan debu tanpa merusak lapisan, bahkan sebagai pembersih ubin alami . Jadikan itu lebih efisien dengan menambahkan sedikit sabun cuci piring cair dan soda kue .

Tambahkan bahan bersama-sama, aduk sampai semua rumpun larut. Tuang campuran ke dalam botol semprot. Bekerja di bagian-bagian kecil, semprotkan larutan ke lantai dan bersihkan. Pastikan untuk membilas lantai secara menyeluruh dengan air bersih untuk menghindari meninggalkan goresan.

6. Pembersih Lantai Ubin Alami Buatan Sendiri

Resep Pembersih Lantai Ubin Alami

  • Satu galon air panas
  • ¾ cangkir cuka putih
  • 1 cangkir baking soda
  • 1 gelas amonia

Jika Anda memiliki lantai ubin di rumah, Anda dapat menggunakan beberapa bahan rumah tangga biasa untuk membersihkan lapisan debu, kotoran, dan debu. Pembersih lantai ubin ini akan membantu melepaskan kotoran sambil membersihkan ubin dengan lembut. Bagian terbaiknya adalah mereka tidak akan meninggalkan residu sabun. Anda dapat menghilangkan kebutuhan akan pembersih lantai komersial yang lebih kuat dengan menggunakan pembersih ini setiap minggu.

Isi ember dengan bahan-bahan, aduk rata untuk melarutkan soda kue. Tuang campuran ke dalam botol semprot. Kerjakan satu bagian pada satu waktu, semprotkan pembersih langsung ke ubin. Mengepel lantai menggunakan ember berisi satu gelas cuka dan sepuluh gelas air panas. Biarkan waktu mengering.

Membersihkan lantai dengan pembersih lantai buatan rumah alami adalah cara terbaik untuk menjadi ramah lingkungan di rumah. Menggunakan bahan-bahan alami di dapur dan minyak esensial memberi seluruh rumah Anda aroma bersih dan segar sambil menyingkirkan kotoran, bakteri, dan kuman.

Kami telah menyediakan beberapa produk pembersih alami yang bisa Anda buat di rumah. Kami harap ini berguna untuk Anda dan membaginya dengan keluarga dan teman Anda.

Published on Agustus 13, 2019

Reader Interactions

Berikan Komentar