Tips Memilih dan Menggunakan AC Split Hemat Listrik + 65%

Banyak sekali merek dan jenis ac split untuk kebutuhan rumah tangga, namun tidak semua ac itu adalah jenis ac split hemat listrik. Lalu apa jenis ac hemat listrik dan bagaimana cara menggunakan ac agar hemat listrik?

Mahal tidaknya harga AC tersebut bukanlah sebuah patokan dimana ac tersebut merupakan jenis ac split hemat listrik atau tidak, saran kami jangan tergiur dengan harga ac yang hanya sedikit lebih murah (promo) saja. Secara real perbedaan harga ac split hemat listrik dan yang tidak hemat listrik hanya beberapa ratus ribua rupiah saja, dengan jenis, merek dan PK yang sama perbedaan harga atau selisih ac tersebut hanya sekitar Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,- saja

Tips Memilih AC Split Hemat Listrik

Tips Memilih AC Hemat Listrik
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Penjual elektronik yang menjual AC (Air Conditioner) biasanya akan menawarkan jenis atau tipe ac yang sedang promo, karena dengan promo tersebut dia akan mendapat keuntungan lebih besar. Ini adalah pengalaman pribadi bukan mengada-ada =)

Lalu bukankah itu lebih hemat karena adanya potongan harga? Ya, itu lebih hemat tapi hanya sesaat dan berbanding terbalik setelah menggunakannya dan itu bukan tips memilih ac split hemat listrik. Oleh karena itu kita harus tetap teguh dengan pendirian kita, dengan tujuan menggunakan ac dan tetap hemat listrik di setiap bulannya.

  1. Pilih ukuran AC (pk/hp) sesuai dengan ruangan.
    Selain harga, ukuran kekuatan AC (PK – Paard Kracht) atau (HP – Horse Power) pun memiliki peran sangat penting, dengan perbedaan pk maka beda pula energi listrik yang di tarik. Untuk ukuran ruangan 2.5 x 2.5 meter hingga 4 x 4 meter gunakan ac 1/2 pk, diatas itu gunakan ukuran ac lebih tinggi 3/4 pk dan seterusnya.
  2. Pilih dan Beli hanya AC Low Watt.
    Perbedaan ac low watt dan non low watt itu sangat berbeda jauh. Untuk ac non low watt 1/2 pk, saat pertama dihidupkan dia akan menarik energi listrik sebesar 900 – 950 watt, setelah itu dia kan stabil 550 – 650 watt per jam. Sedngkan untuk ac low watt 1/2 pk di tarikan pertamanya dia hanya akan menarik 550 watt dan setelah itu stabil di 250 – 300 watt perjam.
  3. Pilih AC Split dengan Kondensor Tunggal (opsional)
    Jika menggunakan AC Split lebih dari 1 (satu), sebaiknya gunakan tipe AC Multi-Split dengan kondensor tunggal. Ada beberapa merek dan jenis ac yang bisa menjalankan 2 (dua) atau 3 (tiga) ac split hanya dengan 1 kondensor.

Baca Juga :

Tips Menggunakan AC Split Hemat Listrik

Inti dari tips menggunakan ac agar tetap hemat listrik ini adalah bagaimana cara kita membuat sistem ac bekerja seperlunya saja, memahami bagaimana cara kerja ac dan cara menggunakan ac yang benar.

  1. Nyalakan AC dengan kondisi suhu yang tinggi
    Saat ac pertama dihidupkan dia akan menarik energi listrik besar, begitu pula jika saat suhu ac di set ke suhu terendah hingga 16 derajat (tergantung jenis ac) dia akan berkerja keras dan tentu saja akan memakan energi listrik lebih besar, nyalakan ac dengan suhu 27 derajat, setelah beberapa menit baru bisa disesuaikan. Jadi solusi pertama agar ac split hemat listrik adalah sebelum dimatikan, kita harus rubah suhu ac ke 27 derajat, baru kemudian dimatikan.
  2. Jangan Gunakan AC secara Automatis
    Secara sistem semua fitur ac jenis itu baru bekerja secara otomatis, tak perlu kita merubahnya ke automatis, cukup set saja ke 21 derajat atau 27 derajat, setelah ac mendeteksi suhu ruangan sudah mencapai suhu 27 derajat dia juga akan otomatis standby.
  3. Jangan Gunakan Swing untuk Tidur Semalaman
    Saat mode swing diaktifkan artinya ac akan bekerja 2 (dua) kali. Memang tidak memakan energi listrik terlalu besar namun jika semalaman dan setiap hari maka akan menjadi signifikan. Gunakan mode swing saat dibutuhkan saja, seperti diawal agar lebih cepat dingin.
  4. Gunakan Mode Cool atau Dry sesuai kondisi
    Jangan pernah gunakan mode dry didaerah pegunungan seperti sukabumi dan sebagainya yang termasuk daerah dingin dan lembab. Itu hanya membuat ac bekerja keras tanpa henti. Bayangkan saja bagaimana ac akan bekerja keras membuat udara kering di daerah lembab?
  5. Nyalakan AC Sebelum Ruangan Digunakan
    Nyalakan ac 1-3 menit sebelum ruangan digunakan, agar lebih cepat dingin bisa menggunakan mode swing saja lalu tinggalkan.

Apakan anda memiliki Tips Memilih dan Menggunakan AC Split Hemat Listrik lainya? silahkan berbagi dengan kami dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung!

Published on Juli 29, 2020

Reader Interactions

Berikan Komentar