9 Jenis Tanaman Monstera Termahal – Baca ini sebelum beli si Janda Bolong

Dunia tanaman hias dalam ruangan telah jatuh cinta pada jenis tanaman monstera yang indah dan daunnya yang besar. Tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa varietas monstera yang berbeda dengan variasi ukuran, warna, dan konfigurasi lubangnya sendiri? Itu benar! Faktanya, ada 48 spesies monstera, tetapi Anda hanya akan menemukan beberapa di pembibitan lokal Anda. Kami telah memasukkan yang paling umum di sini, bersama dengan yang sangat langka yang hanya terlihat 17 kali di alam liar. Cukup rapi, bukan? 

Monstera si Janda Bolong sering salah diberi label di pembibitan dan toko bunga karena daun monstera itu tumbuh dan banyak berubah selama rentang hidup mereka. Tanaman muda mungkin terlihat sangat berbeda dari tanaman dewasa dan benar-benar terlihat seperti spesies yang sama sekali berbeda! 

Jenis tanaman Monstera si Janda Bolong
Monstera Deliciosa (kiri) dan Monstera Variegata atau Monstera Warna (Kanan)

Jenis tanaman monstera si janda bolong

Berikut adalah 9 jenis tanaman monstera atau janda bolong yang lebih umum yang kemungkinan besar akan Anda temukan di pembibitan/toko bunga/kebun lokal Anda dan untuk dibeli secara online, bersama dengan beberapa karakteristik yang menentukan sehingga Anda tahu apa yang Anda beli!

Jenis tanaman janda bolong termahal (paling populer)

Catatan: Harga janda bolong ini cukup fantastis, jadi baca postingan kami tentang : Harga daun janda bolong termahal 2020.

  1. Monstera Deliciosa
    Ini adalah jenis tanaman monstera atau si janda bolong paling umum yang kita semua kenal dan sukai, dan sebagian besar akan Anda temukan saat berbelanja tanaman. Ini memiliki daun berlubang besar dan cantik yang sangat populer di pembibitan dan dekorasi rumah cetak sekarang. Anda tidak bisa salah dengan yang ini!

    Fakta menarik: Tanaman ini disebut “deliciosa” karena tanaman ini menghasilkan sukun Meksiko. 
  2. Monstera Borsigniana
    Ini sebenarnya adalah variasi dari deliciosa dan mungkin dijual dengan nama yang sama karena sulit membedakan keduanya saat mereka masih muda.

    Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat batangnya. Deliciosa cenderung mengacak-acak (acak-acakan), mengerut, atau membentuk tonjolan kecil yang lucu di mana daun menempel pada batang, tetapi borsigniana tidak. Borsigniana juga lebih kecil dan tumbuh lebih cepat dari deliciosa. Tanaman dewasa biasanya membentuk dua baris lubang / celah yang rapi, bukan lubang tumbuh dengan gaya yang lebih berliku-liku seperti deliciosa

    Jika Anda berakhir dengan salah satu dari ini alih-alih deliciosa, jangan takut! Itu bisa tumbuh setinggi, hampir sebesar, dan sedikit lebih cepat, dan itu masih merupakan tambahan yang menakjubkan untuk rumah Anda.
  3. Monstera Variegata
    Ini bukan tanaman terpisah melainkan variasi warna atau jenis tanaman monstera warna atau janda bolong warna. Terkadang tanaman ini malah terlihat dicat dengan cat putih. Saya pribadi menyukai ini.

    Ini adalah jenis tanaman monstera termahal. Beraneka ragam artinya tanaman yang bercorak putih atau krem ​​serta berwarna hijau. Tanaman ini cenderung lebih sulit ditemukan dan karenanya jauh lebih mahal. 
  4. Monstera Adansonii
    Varietas/Jenis tanaman monstera adansonii sedikit lebih kecil dari deliciosa, tetapi lubangnya masih cukup besar! Lubang-lubang tersebut cenderung memakan sekitar 50% daun.

    Ini cukup mudah ditemukan, tetapi mereka juga salah diberi label sebagai monstera obliqua (tetapi obliqua sejati sangat jarang, jadi Anda dapat yakin bahwa jika Anda melihat label ini di kamar anak, Anda sebenarnya sedang melihat monstera adansonii). Adansonii juga cenderung memiliki daun yang lebih tebal dan lebih kasar daripada obliqua.
  5. Monstera Pinnatipartita
    Jenis tanaman janda bolong ini memiliki daun yang sangat besar dan mengkilap, tetapi cenderung menumbuhkan celah, bukan lubang, yang mengarah ke tepi daun. Batang daunnya kaku dan kokoh serta memiliki warna hijau zamrud yang indah. Ini agak sulit ditemukan, tetapi Anda biasanya dapat mencari satu atau dua secara online.
  6. Monstera Dubia
    Ini adalah salah satu jenis tanaman janda bolong favorit saya! Jenis ini ditandai dengan daun yang sangat kecil berbentuk hati dengan warna hijau tua dan hijau muda. Itu tidak beraneka ragam, tetapi mendekatinya. Tumbuh seperti pohon anggur dengan batang dan daun yang lebih pendek yang tumbuh lebih dekat dengan apa pun yang dipanjat tanaman.

    Ini sulit ditemukan, tetapi jika Anda melihatnya, ambillah! 
  7. Monstera Siltepecana
    Jenis tanaman monstera siltepecana cantik ini memiliki daun besar berbentuk tetesan air mata dengan lubang-lubang kecil yang terkonsentrasi di sekitar urat tengah. Mereka seringkali berwarna lebih terang dari monstera lainnya dan mengandung warna hijau tua dan hijau muda. Menawan! Mereka lebih sulit ditemukan, tetapi indah jika Anda bisa mendapatkannya. 
  8. Monstera Obliqua
    Kami benci membocorkannya kepada Anda, tetapi Anda tidak akan menemukannya di Home Depot, atau di mana pun, sungguh. Tapi itu sangat rapi sehingga kami masih ingin memasukkannya! 
  9. Rhaphidophora Tetrasperma atau “Mini Monstera”
Jenis tanaman Mini Monstera
Mini Monstera atau Daun Ekor Naga

Perbedaan Monstera dengan daun ekor naga

Banyak yang curang di sini, karena tanaman ini secara teknis bukan monstera (Anda mungkin memperhatikan “monstera” tidak ada dalam nama ilmiah), tetapi mereka terlihat cantik jika dipajang jadi satu! 

Tanaman ini terlihat seperti versi monstera yang lebih kecil dengan karakteristik lubang yang sama pada daunnya, meskipun lubang yang besar cenderung mencapai ujung daun dan tampak lebih berlekuk. Warna hijau tua sangat menakjubkan, dan ini lebih umum daripada beberapa varietas monstera yang lebih eksotis dan masih cukup mudah dirawat.

sumber: monsteraplantresource.com

Published on Oktober 16, 2020

Reader Interactions

Berikan Komentar