6 Macam Bahaya Posting Foto Anak di Media Sosial

Era media sosial telah memberi kita banyak fenomena baru, salah satunya dikenal dengan istilah sharenting, yaitu penggunaan sosial media yang berlebihan, tanpa memikirkan bahaya posting foto anak di media sosial populer seperti facebook, instagram dsb.

Berbagi adalah praktik ketika orang tua tampaknya terlalu sering menggunakan media sosial saat berbagi foto dan pembaruan anak mereka dengan seluruh dunia. Meskipun orang tua mungkin berniat baik saat melakukannya, memposting beberapa foto anak-anak mereka dapat membahayakan mereka.

6 Macam Bahaya Posting Foto Anak, Yang Tidak Boleh Kita Bagikan di Media Sosial

Dilansir dari Bright Side, kami ingin memberi tahu Anda tentang bahaya posting foto anak disosial media. Berikut 6 jenis foto anak-anak yang harus dihindari orang tua di berbagai akun media sosial mereka.

1. Foto terkait sekolah, dapat memberi petunjuk lokasi tempat belajar anak Anda

Bahaya Posting Foto Anak di Sosial Media

Foto kembali ke sekolah (Back to School) mungkin tampak polos, tetapi sebenarnya tidak. Foto yang menunjukkan anak Anda mengenakan seragam sekolah berpotensi menarik predator yang dapat mengidentifikasi sekolah yang dihadiri anak Anda hanya dengan melihat fotonya.

Seragam bukan satu-satunya hal yang berbahaya tentang memposting gambar sekolah. Bahkan detail kecil di latar belakang foto, seperti gedung sekolah atau logo klub olahraga, dapat mengungkapkan cukup informasi tentang lokasi anak Anda sehingga berisiko bagi mereka.

2. Foto dengan tag nama

6 Macam Bahaya Posting Foto Anak di Media Sosial

Gambar yang menunjukkan anak Anda dengan label nama adalah jenis foto lain yang dapat mengungkapkan identitas mereka. Jika Anda masih ingin memposting gambar seperti itu, pastikan Anda telah mengaburkan nama pada tag dan nama yang ada pada anak lain di gambar.

Baca juga:
9 Cara mendidik anak yang salah, berbahaya dan Solusinya
Cari tahu ciri dan tandanya apakah Anda membesarkan anak yang manja?
Produk Berbahaya yang sering digunakan sehari hari

3. Foto dengan lokasi (metadata dan geotagging)

6 Macam Bahaya Posting Foto Anak di Media Sosial

Harap diperhatikan mom, bahaya posting foto anak lainya yaitu saat antar jemput anak sekolah. Jika Anda suka sering memberikan pembaruan tentang kehidupan keluarga Anda di media sosial, sebaiknya pastikan platform yang Anda gunakan untuk memposting gambar tidak mengungkapkan metadata foto Anda. Metadata, atau data EXIF , berisi informasi tentang waktu dan tempat foto Anda diambil dan dapat digunakan untuk menemukan lokasi anak Anda . Anda juga dapat memilih untuk menonaktifkan geotagging dan metadata untuk semua foto Anda.

Sebaiknya periksa pengaturan privasi Anda di akun media sosial dan pastikan Anda hanya membagikan foto anak Anda dengan orang yang Anda percaya.

4. Foto menunjukan tubuh anak Anda yang tidak tertutup

6 Macam Bahaya Posting Foto Anak di Media Sosial

Setelah kami mengunggah gambar ke Internet, kami tidak lagi memiliki kendali penuh atas gambar itu, dan kami tidak tahu siapa yang dapat melihat, menyalin, atau membagikan gambar ini. Memposting gambar yang memperlihatkan tubuh anak Anda yang telanjang atau tertutup sebagian dapat menarik perhatian predator online , dan foto-foto ini juga dapat membuat anak Anda merasa malu saat mereka dewasa dan melihatnya diposting di Internet.

5. Foto yang menunjukkan amukan atau perilaku buruk

6 Macam Bahaya Posting Foto Anak di Media Sosial

Jenis foto lain yang dapat membuat anak Anda merasa malu dan frustasi saat melihatnya online adalah foto yang menunjukkan perilaku buruk mereka atau momen kelemahan lainnya. Sekalipun alasan kesusahan anak Anda tampak cukup lucu untuk dibagikan, ingatlah bahwa bagi anak Anda, itu mungkin benar-benar tragedi saat ini, dan perasaan mereka tidak boleh ditertawakan.

6. Foto yang menunjukkan anak-anak lain

6 Macam Bahaya Posting Foto Anak di Media Sosial

Saat mencoba melindungi bahaya posting foto anak Anda secara online, jangan lupakan keamanan anak lain. Jangan memposting gambar yang menunjukkan anak-anak lain, dan jika Anda melakukannya, buramkan wajah mereka dan detail lain yang dapat mengungkapkan identitas atau lokasi mereka.

Polisi di Surrey, Inggris membuat video pendek dengan pedoman dasar tentang cara mengambil foto “aman” anak Anda, dan berikut beberapa tip yang perlu diingat:

  • Keluar gedung sekolah dan taman bermain.
  • Tutupi nama anak Anda dan label nama di tas sekolah.
  • Jangan tampilkan wajah anak-anak lain di foto Anda.

Itulah 6 macam bahaya posting foto anak disosial media yang perlu diperhatikan yah mom dan dad. Apakah Anda banyak memposting tentang anak Anda di media sosial?

Apa daftar pribadi Anda yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk berbagi foto dan pembaruan anak-anak Anda? berikan pendapat tentang bahaya posting foto anak di sosial media, melalui komentar dibawah.

Published on Oktober 4, 2020

Reader Interactions

Berikan Komentar