Produk Berbahaya yang sering digunakan sehari hari

barang berbahaya pada kesehatan

Menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen, sekitar 33,1 juta orang di AS terkena dampak negatif produk rumah tangga setiap tahun. Mulai dari cedera, kematian, atau kerusakan properti, jumlahnya masih menakutkan. Para ilmuwan percaya itu terjadi terutama karena bahan kimia yang terkandung dalam berbagai produk.

Barang-barang ini tidak ramah lingkungan dan kesehatan kita

Kami di  Info Terang peduli dengan kesehatan kami, itu sebabnya kami menyusun daftar produk sehari-hari berbahaya yang harus segera kami hentikan penggunaannya.

Baca Juga: 13 Bahan Pembersih Alami tanpa Bahan Kimia berbahaya

 

1. Produk dari bahan styrofoam

styrofoam

Sudah dikatakan berkali-kali bahwa wadah atau bungkus Styrofoam itu buruk bagi lingkungan kita. Berita buruknya adalah bahwa Styrofoam juga tidak memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Styrofoam mengandung styrene – bahan kimia beracun yang memiliki hubungan dekat dengan kanker, penglihatan dan gangguan pendengaran, serta masalah dan kerusakan sistem saraf. Bahan kimia ini keluar dan masuk ke tubuh kita setiap kali kita makan makanan panas atau minuman di atas piring dan gelas styrofoam.

Departemen Administrasi Keselamatan & Kesehatan Tenaga Kerja AS mengetahui tentang efek negatif bahan kimia ini dan melakukan yang terbaik untuk membatasi penggunaannya sebanyak mungkin.

 

2. Produk dari bahan kayu press

Meja dari kayu press

Meja kayu kecil, lemari dan lainnya yang berdiri di sudut kamar Anda tidak sebagus kelihatannya. Masalahnya adalah bahwa produsen menempelkan semua produk kayu mereka dengan bantuan resin yang mengandung urea-formaldehyde, yang memancarkan formaldehyde di kamar Anda. Kabar buruknya adalah semakin panas dan semakin lembab ruangan Anda, semakin banyak kayu formaldehyde yang dipancarkan. Paparan jangka panjang untuk produk ini dapat menyebabkan perkembangan penyakit paru-paru, asma, dan bahkan kanker.

 

3. Produk dengan sifat antibakteri

produk anti bakteri

Faktanya adalah banyak produsen produk antibakteri menggunakan elemen yang disebut triclosan dalam produk mereka. Dan itu tidak hanya buruk bagi lingkungan, tetapi juga bagi kesehatan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa produk yang mengandung triclosan (yang bisa berupa sampo, pasta gigi, dan bahkan kosmetik) menyebabkan kanker hati.

Untungnya, pada bulan September 2016, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat melarang penggunaan triclosan dalam produksi sabun tangan antibakteri dan sabun mandi dengan mengklaim bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa triclosan bekerja lebih baik daripada sabun biasa. Meski begitu, kita harus berhati-hati dan selalu membaca apa yang terkandung dalam setiap produk tertentu.

 

4. Anti nyamuk bakar atau Obat nyamuk

obat nyamuk bakar

Sulit dibayangkan malam hangat tanpa ditemani obat nyamuk yang membara perlahan. Terlihat sangat wajar dan biasa saja, namun penemuan hebat memiliki sebuah manfaat. Ternyata itu tidak sesederhana itu.

Para ilmuwan telah membuat perhitungan dan menemukan bahwa asap yang berasal dari satu koil nyamuk bakar sama dengan asap 75-137 batang rokok. Jumlah ini membuat semua makhluk hidup, termasuk manusia, terpapar risiko besar terkena berbagai penyakit paru-paru.

 

5. Penyegar udara

Sayangnya, semprotan penghilang bau ini mengandung unsur-unsur seperti terpen dan eter glikol berbasis etilena . Yang terakhir secara resmi dikenal sebagai bahan kimia beracun, sedangkan yang pertama menciptakan kombinasi toksik ketika berinteraksi dengan ozon dari udara. Selain itu, mereka mengeluarkan banyak bahan kimia lain seperti paradichlorobenzene yang membahayakan kesehatan kita, terutama ketika digunakan di daerah kecil atau di ruangan yang berventilasi buruk.

 

6. Kapur barus (Camphor / kamper)

Kapur barus mungkin adalah cara terbaik untuk menjaga pakaian wol Anda aman dari ngengat. Namun, uap yang mereka pancarkan sekaligus melindungi pakaian Anda sangat berbahaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu elemen utama mereka yang disebut paradichlorobenzene bertanggung jawab untuk menyebabkan kanker pada hewan. Meskipun dampaknya terhadap kesehatan manusia belum terbukti, masih disarankan untuk menggunakan bola ini dengan hati-hati.

Beberapa kapur barus mengandung zat kimia yang disebut naphthalene , yang menghancurkan sel darah merah jika manusia terpapar untuk waktu yang lama.

 

7. Produk kosmetik dan Tirai Mandi

kosmetik dan tirai kamar mandi

Kotoran kelelawar di maskara Anda bukanlah hal yang paling menakutkan yang akan Anda temukan di kosmetik Anda. Phthalates , juga dikenal sebagai plasticizer, dapat menyebabkan masalah kesehatan dengan organ reproduksi pada hewan, yang berarti risiko bagi manusia juga ada. Bahan kimia seperti hormon ini memberikan bau dan warna yang bagus untuk produk kecantikan dan dapat terkandung dalam deodoran, shampoo, dan semprotan rambut. Mereka bahkan dapat ditemukan di tirai mandi.

Jadi, Anda sebaiknya memeriksa komposisi semua produk Anda untuk melindungi diri dari kemungkinan bahaya.

 

8. Dupa (Hio)

dupa hio

Aroma harum yang dihasilkan oleh dupa di rumah Anda juga termasuk dalam daftar unsur yang paling berbahaya. Sama seperti obat nyamuk, asap yang mereka pancarkan mengandung sejumlah senyawa berbahaya yang mempengaruhi kesehatan kita secara negatif , mulai dari mengembangkan asma dan penyakit paru-paru lainnya dan diakhiri dengan kanker.

Karena itu, kita harus berhati – hati dengan apa pun yang membakar dan mengeluarkan asap, karena produk ini mempengaruhi sistem pernapasan kita secara langsung.

Manakah dari produk-produk ini yang akan Anda hentikan penggunaannya? Kami akan senang mendengar dari Anda di komentar!

 

Published on April 2, 2019

Reader Interactions

Berikan Komentar