Berbahaya, Daftar Aplikasi Android dan Iphone yang wajib dihapus segera

Bukan rahasia lagi bahwa beberapa aplikasi dapat menghabiskan penyimpanan dan baterai ponsel dengan cepat, atau beberapa aplikasi secara otomatis menagih uang, mengumpulkan data kartu kredit, atau membagikan informasi pribadi Anda. Lusinan aplikasi berbahaya muncul di web setiap hari, begitu banyak sehingga bahkan Google Play atau App Store tidak dapat melacaknya dengan segera. Jadi, keamanan perangkat dan informasi pribadi Anda sebagian besar ada di tangan Anda.

Di sini, di Info Terang kami sangat peduli dengan keamanan siber dan untuk kenyamanan menggunakan smartphone, Karena itulah kami menyiapkan daftar aplikasi yang lebih baik untuk dihilangkan sesegera mungkin.

Berikut Daftar 8 Jenis Aplikasi Berbahaya, Lebih Baik Segera Dihapus dari Smartphone Android / Iphone Kamu

1. Game gratis

Game Gratis

Pengembangan game menghabiskan banyak biaya dalam hal uang dan usaha, jadi jika Anda menemukan seperti game android gratis, perlu diingat bahwa pengembang juga menambahkan banyak iklan ke aplikasi (biasanya disimpan ke cache dan memakan banyak penyimpanan & ram perangkat smartphone) ada kemungkinan juga mereka mencuri  kemudian menjual informasi pribadi Anda. Jadi, jika ingin benar-benar mengunduh (download) aplikasi game gratisan, pastikan itu terkenal atau baca perjanjian pengguna.

 

2. Aplikasi pengisian cepat

Aplikasi Baterai Pengisian Cepat

Ada banyak aplikasi yang menjanjikan bahwa mereka dapat mempercepat proses pengisian daya ponsel Anda. Faktanya adalah: tidak ada (termasuk aplikasi) yang dapat mengisi daya ponsel Anda lebih cepat dari yang diizinkan oleh pengaturan default. Aplikasi ini hanya tipuan, dengan banyak iklan tanpa akhir, bahkan terkadang muncul walaupun layar terkunci.

 

3. Aplikasi Wi-Fi

Aplikasi Wi-Fi Gratis

Hati-hati dengan aplikasi Wi-Fi gratis yang mengklaim memberi peta hotspot Wi-Fi, password Wi-Fi gratis dan perlindungan jaringan – ditemukan bahwa beberapa di antaranya dapat mencuri data pribadi, termasuk informasi kartu kredit.

 

4. Pemutar musik dari pengembang tidak dikenal

Pemutar Music Player

Selain menyebabkan kehabisan baterai, menyimpan musik dalam cache, juga menghabiskan penyimpanan ponsel android kamu, dan menampilkan iklan sebagai “bonus,” aplikasi musik player yang tidak dikenal bisa berbahaya bagi ponsel karena mungkin memiliki virus bawaan dan kode peretas yang menyalin data pribadi Anda.

 

5. Aplikasi GPS / Pelacak lokasi

Aplikasi GPS Pelacak Lokasi

Aplikasi yang meminta untuk mengakses lokasi Anda tidak hanya secara signifikan mempersingkat masa pakai baterai ponsel, tetapi mungkin juga menggunakan atau menjual data pribadi Anda. Aplikasi navigasi, aplikasi pengiriman, aplikasi game android seperti Pokemon Go, dan bahkan beberapa aplikasi media sosial melacak lokasi Anda. Luangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat aplikasi yang mengakses lokasi dan menghapus (menon-aktifkan) ijinnya jika tidak diperlukan. Dan untuk aplikasi yang Anda gunakan, Anda dapat memeriksa persyaratan penggunaan dalam pengaturan aplikasi dan melarang akses ke lokasi Anda, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

 

6. Aplikasi dengan masalah privasi

Privasi Aplikasi

Ada banyak aplikasi di pasar yang meminta Anda memberikan akses ke nomor telepon, kontak, pesan teks, foto, lokasi, dll. Sebagian besar aplikasi media sosial populer memiliki akses ke data pribadi Anda tanpa Anda menyadarinya. Jadi, berikan perhatian ekstra saat memasang aplikasi baru yang tidak diketahui yang membutuhkan akses ke data pribadi Anda. Anda juga dapat memeriksa pengaturan itu di pengelola aplikasi.

 

7. Browser bawaan

Peramban Web Browser Aman

Browser bawaan seringkali sudah diinstal sebelumnya dan terkadang terbuka secara otomatis saat Anda mengklik tautan. Program-program ini tidak menjamin perlindungan data pribadi atau perlindungan terhadap virus dan secara signifikan memperlambat sistem operasi ponsel android.

 

8. Aplikasi tidak berguna

Daftar Aplikasi Tidak Berguna

Jujur saja, semua orang memiliki aplikasi yang belum mereka buka untuk sementara waktu atau bahkan aplikasi tersebut dilupakan begitu saja setelah mengunduhnya. Bukan rahasia lagi bahwa terlalu banyak aplikasi pada ponsel membuat masa pakai baterai lebih pendek, memperlambat sistem, dan, secara umum, sangat mengganggu. Jadi luangkan waktu sebentar dan singkirkan yang tidak digunakan!

Apakah sudah menemukan salah satu aplikasi yang disebutkan di atas pada ponsel cerdas android atau iphone kamu? Apakah kamu memiliki aplikasi mencurigakan lain yang dapat kami tambahkan ke daftar? Kami akan senang mendengar dari Anda di bagian komentar di bawah ini.

Published on September 15, 2019

Reader Interactions

Berikan Komentar