Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Leher dengan Teknik Pijatan

Jika pernah mengalami sakit leher, yaitu sakit leher belakang, sakit leher sebelah kiri atau sakit leher sebelah kanan, pasti tahu bagaimana rasanya: satu menit baik-baik saja, namun sesaat kemudian mulai nyeri, melihat bintang-bintang (pusing) bahkan tidak bisa menggerakkan kepala.

Sepertinya tidak ada yang bisa menolong dari siksaan ini selain pijatan baik & benar.

Jika tidak ada seorang pun yang bisa memberi bantuan, kamu sendiri bisa melakukannya! Kabar baiknya adalah kamu hanya membutuhkan tangan dan handuk.

 

Penyebab sakit leher

Apa saja penyebab sakit leher? Dilansir dari dari beberapa sumber terpercaya, berikut beberapa penyebab dari sakit leher yang umum Anda alami:

1. Otot leher menegang.

Ini bisa disebabkan karena duduk terlalu lama tanpa merubah posisi, terlalu lama menunduk, membungkuk, posisis buruk saat tidur ( salah bantal ), bermain gadget terlalu lama, bisa juga karena membaca ditempat tidur.

2. Cedera

Leher sangat rentan tethadap cedera terutama akibat terjatuh,  kecelakaan kendaraan dan olahraga, dimana saat otot serta ligamen leher dipaksa untuk bergerak di luar kebiasaan. Jika tulang leher retak, maka sumsum telang belakang juga bisa ikut rusak. Cedera leher akibat sentakan secara tiba-tiba di kepala, biasa disebut dengan “whiplash”.

3. Sayaraf terjepit

Sakit leher bisa akibat saraf leher kejepit atau teriritasi, disebut sebagai radikulopati servikal. Kondisi ini disebabkan oleh menonjolnya bantalan diantara ruas tulang belakang (hernia nukleus pulposus).

4. Kerusakan sendi leher

Umumnya kerusakan sendi leher disebabkan oleh osteoarthritis. Kondisi ini menyebabkan penipisan tulang rawan dan pengapuran tulang. Pengapuran pada tulang leher akan menggangu pergerakan sendi leher sehingga menimbulkan nyeri leher.

 

Cara mengatasi sakit leher

Ini adalah salah satu cara mengatasi masalah sakit leher yaitu dengan pijatan yang bisa dilakukan oleh diri sendiri.

Di lansir dari Bright Side, kami telah memilih beberapa teknik memijat untuk menghilangkan sakit leher, dan kami harap  dapat menemukan satu yang paling membantu Anda. Jangan lewatkan titik bonus kami dengan peregangan leher yang dapat meningkatkan efek memijat sendiri!

 

Pijatan Handuk

Pijatan Handuk

Pijat handuk dapat membantu Anda melonggarkan otot-otot leher yang tegang dan mengembalikan mobilitas. Pada saat yang sama, handuk lembut ini tidak akan memberikan terlalu banyak tekanan pada leher yang membahayakan.

  1. Letakkan handuk di belakang leher. Ambil ujung kiri handuk dengan tangan kanan kemudian tarik ke bawah di sepanjang dada. Ambil ujung kanan handuk dengan tangan kiri lalu tarik ke atas kiri di sepanjang dahi sehingga kepala berbelok ke kiri mengikuti handuk seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Lakukan beberapa gerakan, putar kepala Anda ke kiri kemudian lepaskan tekanan. Ulangi di sisi lain (sebaliknya). Pastikan Anda tidak menarik handuk terlalu kuat dan tidak membuat gerakan secara tajam.
  2. Letakkan handuk di belakang leher. Tarik handuk ke depan dengan kedua tangan, berikan tekanan ringan pada leher. Perlahan putar kepala ke kiri kemudian tahan posisi ini selama beberapa detik. Perlahan putar kepala ke kanan kemudian tahan posisi ini selama beberapa detik. Terus tarik handuk ke depan saat Anda memutar. Pastikan tidak menarik handuk terlalu kuat dan tidak membuat gerakan tajam.

 

Pijat otot leher bagian belakang

Pijat otot bagian belakang leher

  • Letakkan tangan kiri di atas otot leher yang terletak di belakang telinga kiri, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Dengan jari yang lembut berikan sedikit tekanan pada area tersebut. Perlahan putar kepala ke kanan sambil memberikan tekanan. Pastikan jari Anda tidak bergerak, dan hanya kepala saja yang bergerak. Ulangi di sisi lain. Ulangi siklus ini beberapa kali hingga merasa lega.
  • Dengan jari-jari Anda, pijat area yang sama dengan gerakan memutar lembut untuk meningkatkan aliran darah serta mengendurkan ketegangan otot.

 

Pijat otot leher bagian samping

Pijat otot samping leher
Duduklah dengan punggung lurus. Letakkan telapak tangan di sisi leher (lihat contoh gambar diatas). Bawah kepala sedikit ke belakang dan biarkan jatuh ke kiri secara perlahan. Pijat otot leher bawah samping kiri leher sehingga terasa keras, tetapi menyenangkan . Lalu biarkan kepala jatuh ke kanan secara perlahan. Sekarang pijat/remas otot-otot leher bawah samping kanan leher Anda. Teruslah meremas otot-otot sisi kanan dan kiri mulai dari bagian bawah leher lalu perlahan-lahan bergerak ke atas.

 

Pijat otot suboksipital leher

Pijat otot suboksipital

Otot suboksipital yang tegang dan kaku dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, bahkan mual. Untuk meringankan otot-otot ini, coba usap area lunak tepat di bawah tulang tengkorak, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Dengan kedua tangan Anda, berikan tekanan lembut pada otot-otot suboksipital di sisi kanan & kiri leher. Condongkan kepala ke belakang dan terus menekan lalu masuk dengan jari-jari.

Perlahan geser dagu ke dada, saat menurunkan kepala, gerakkan jari-jari Anda ke luar, pisahkan kedua tangan kanan & kiri serta terus berikan tekanan. Tugas ini adalah untuk memisahkan dan “membuka” otot-otot suboksipital serta mengurangi sesaknya. Ulangi siklus ini beberapa kali dan pastikan Anda tidak merasakan sakit saat melakukan pijatan mandiri ini. Lihat video ini untuk petunjuk terperinci.

Bonus: Peregangan kedepan & samping

 

Berdiri atau duduk dengan punggung lurus. Tarik dagu ke bawah ke arah dada, tekuk kepala ke depan sampai Anda merasakan regangan lembut di belakang leher Anda. Tahan posisi selama beberapa detik lalu angkat kembali kepala. Anda dapat menambahkan sedikit tekanan dan meningkatkan peregangan dengan lembut menarik kepala dengan tangan Anda, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Rileksasikan Bahu (Meregangkan)

Berdiri atau duduk dengan punggung lurus serta rilekskan bahu. Turunkan telinga kiri ke bahu kiri dengan lembut hingga merasakan regangan yang nyaman di sisi kanan leher. Pastikan bahu terbalik. Tahan posisi selama beberapa detik lalu angkat kembali kepala Anda. Ulangi di sisi lain.

Peregangan Leher

Anda bisa menambah sedikit tekanan kemudian merasakan lebih banyak regangan jika Anda memegang kepala dengan tangan secara lembut menarik kepala ke samping.

Pastikan Anda tidak meregang leher secara berlebihan karena dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman.

meregang leher berlebihan

 

Teknik memijat sendiri dan peregangan yang baru saja kami berikan ini telah terbukti efektif kepada banyak orang. Namun, jika Anda tidak merasa bahwa memijat sendiri dan pengobatan lain membantu Anda meredakan rasa sakit, atau jika rasa sakit semakin memburuk seiring waktu, lebih baik mengunjungi dokter serta meminta perawatan medis profesional.

Pernahkah Anda menderita sakit leher? Obat apa yang membantu Anda menyingkirkannya?

Diilustrasikan oleh Polina Chernevina di BrightSide.me

Published on September 16, 2019

Reader Interactions

Berikan Komentar