Tips Corona: Bagaimana cara melindungi diri Anda dan orang lain dari Covid-19

Mulai lindungi diri Anda dan orang lain di sekitar Anda dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus ini, mengambil langkah pencegahan yang sesuai dengan membaca tips corona ini. Ingat, tetap ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Apa itu Virus Corona (Covid-19)

Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan.

Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Referensi COVID-19

Tips Corona untuk melindungi diri dan orang lain

Tips Corona: Bagaimana cara melindungi diri Anda dan orang lain dari Covid-19

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas lagi, kami ingin memberi tahu Anda tentang bahaya virus corona dan memerikan tips corona ini agar bisa dipraktekan di kehidupan sehari-hari kita dalam masa new normal ini.

1. Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut

Virus yang menyebabkan COVID-19 ini ditransmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas.

Jadi mulai sekarang kita harus hentikan kebiasaan untuk menyentuh mata, hidung dan mulut Anda. Jika diperlukan gunakanlah media lain sebagai perantara seperti kain untuk mengusap mata.

PENTING: jangan gunakan tisu untuk mengusap mata, banyak tisu yang beredar luas dengan kandungan pemutih yang bisa menyebabkan iritasi atau inveksi pada mata.

2. Cuci tangan secara rutin

Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol. Selain mencegan dari virus corona cuci tangan juga mencegah dari berbagai penyakit lainnya. Oleh sebab itu lakukan kebiasaan baik ini untuk semua aspek. Sebelum makan dan minum dan lain sebagainnya.

Cuci tangan sebelum melepas masker dan pakaian lainnya lalu cucilah tangan kembali setelah melepas nya.

3. Gunakan pelindung (masker dan atau face sheild)

Masker dan face sheild dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakannya kepada orang lain. Mengenakan masker saja tidak cukup untuk melindungi diri dari COVID-19, sehingga harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan kebersihan tangan. Tetap ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

4. Jaga jarak aman

Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu. Virus corona ditransmisikan melalui percikan air liur orang yang terinfeksi (positif) saat mereka batuk dan bersin.

5. Kurangi aktivitas

Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.

Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan penting.

Hidari aktivitas berat dan tinggi dan yang melelahkan, sehingga membuat tubuh letih, lemah dan imun menjadi rentan.

Baca juga : Produk Berbahaya yang sering digunakan sehari hari

6. Jaga kesehatan

Lakukan kegiatan keseharian yang sehat diantaranya sebagai berikut:

Makan teratur dan makan makanan bergiji tinggi

Selalu sempatkan sarapan bergiji setiap pagi hari sebelum melakukan aktivitas, usahkan untuk tetap konsumsi madu dan susu di setiap sarapan.

Jaga pola tidur

Tidur teratur adalah kunci hidup sehat, memiliki jam tidur yang baik dan cukup memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari menjaga berat badan agar tetap ideal, menurunkan risiko stres, hingga menjaga suasana hati menjadi lebih baik.

Menurut National Sleep Foundation bahwa jam tidur yang baik itu dimulai pukul 08.00 malam hingga tengah malam (00.00).

Olah raga rutin

Ada banyak manfaat olahraga yang dapat Anda rasakan, baik dalam jangka pendek maupun untuk jangka panjang. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, olah raga juga membantu anda untuk tetap mendapatkan tubuh yang ideal (langsing) tentunya dengan gerakan dan teknik tertentu. Namun untuk sekedar kesehatan dan fitalitas Anda bisa melakukan joging atau lari kecil disetiap pagi mengelilingi rumah atau komplek atau apapun itu.

7. Cari bantuan medis

Tips Corona: Penting “Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis. Telepon terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Tindakan ini akan melindungi Anda serta mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya”

CARA PENYEBARAN VIRUS INI

Virus yang menyebabkan COVID-19 terutama ditransmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas. Droplet ini terlalu berat dan tidak bisa bertahan di udara, sehingga dengan cepat jatuh dan menempel pada lantai atau permukaan lainnya.

Anda dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika Anda berada terlalu dekat dengan orang yang sudah terinfeksi COVID-19. Anda juga dapat tertular jika menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

Apakan anda memiliki tips corona hebat lainnya? silahkan berbagi dengan kami dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung!

Incoming search:

TIPS CORONA, INFO DAN TIPS CORONA, TIPS CORONA TERBARU

Published on Oktober 4, 2020

Reader Interactions

Berikan Komentar